Jumat, 19 Oktober 2012

Sistem Hematologi

Sistem Hematologi

Sistem hematologi terdiri dari semua sel-sel darah, sumsum tulang tempat sel-sel tumbuh matang, dan jaringan limfoid tempat sel darah disimpan jika tidak bersirkulasi.sistem hematologi dirancang untuk membawa oksigen dan nutrisi, mengangkut hormon, membuang produk sampah, dan menghancarkan sel-sel untuk mencegah infeksi, menghentikan pendarahan, dan memfasilitasi proses penyembuhan. Darah juga memungkinkan tubuh memberi makan dan menyembuhkan dirinya serta menghubungkan antara bagian-bagian tubuh.
Komposisi Darah
Darah terdiri dari sekitar 45% komponen sel dan 55% plasma. Komponen sel tersebut adalah sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). sel darah merah berjumlah 99% dari total komponen sel; sisanya 1% sel darah putih dan platelet. Plasma terdiri dari 90% air, dan 10% sisanya dari protein plasma, elektrolit, gas terlarut, berbagai produk sampah metabolisme, nutrien, vitamin, dan kolesterol. 
HEMATOPIESIS
Sel darah merah, sel darah putih, dan platelet dibentuj di hati dan limpa pada janin, dan di dalam sumsum tulang setelah lahir.


sumber: Buku Saku Patofisiologi


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar